Resume

By 17.21

Apakah Sistem Informasi? 

Sebuah sistem informasi adalah seperangkat terorganisir komponen untuk mengumpulkan, mengirimkan, dan menyimpan, dan pengolahan data dalam rangka untuk memberikan informasi untuk bertindak. 
- Memungkinkan operasi yang efisien dari bisnis kecil atau perusahaan besar 
- Memungkinkan manajemen yang efektif 
- Mendukung pencarian untuk keunggulan kompetitif di pasar 
- Mengaktifkan pertumbuhan ekonomi dengan berpindah ke teknologi yang lebih baru dan lebih maju 
- Memungkinkan globalisasi bisnis dan memungkinkan persaingan global 

Kegunaan Sistem Informasi dalam organisasi yaitu : 
  v  Mendukung operasi bisnis perusahaan
  v  Dukungan manajemen
  v  Membantu pekerjaan pengetahuan umum
   
      Sistem Informasi meliputi:
        Ø  Sistem Pemrosesan Transaksi
  Ø  Manajemen Pelaporan Sistem
        Ø  Sistem Pendukung Keputusan
        Ø  Sistem Informasi Eksekutif
        Ø  Sistem Pendukung profesional
        Ø  Sistem Informasi Kantor

      Teknologi Komputer & Telekomunikasi:
    
       - Komputer: Sebuah prosesor informasi tujuan umum elektronik
·         -  Software: Program yang mengendalikan operasi dari sistem komputer (kontras dengan hardware)
·        -  Peralatan: perangkat fisik yang digunakan dalam sistem komputer (kontras dengan software)
·        - Telekomunikasi: transmisi elektronik informasi jarak; juga, sarana transmisi ini
·        - Jaringan Komputer: Sebuah sistem komputer dan telekomunikasi
·        - Internet: Jaringan global jaringan yang telah menjadi utilitas informasi di seluruh dunia
·        - World Wide Web: Koleksi hyper-link multimedia (teks, foto, grafik, suara, gambar bergerak)          database yang tersimpan dalam komputer yang dikenal sebagai server di seluruh dunia dan dapat    diakses melalui Internet.

     Lingkungan Organisasi Baru dan Cara Baru untuk Bekerja :
       - Struktur organisasi tradisional, yang masih berlaku saat ini, yang terstruktur di sepanjang garis      fungsional atau divisi 
       - Struktur Fungsional: Orang yang melakukan kegiatan serupa ditempatkan bersama-sama dalam    satuan formal dan dengan demikian organisasi dibagi sesuai dengan fungsi dari perusahaan 
       - Struktur Divisional: divisi Perusahaan yang dibentuk berdasarkan kelompok produk atau layanan  yang mereka berikan, wilayah geografis mereka menutupi, atau segmen pelanggan yang mereka  layani

Organisasi virtual

Sebuah organisasi virtual adalah sebuah organisasi yang strukturnya untuk tingkat besar dibuat dengan menggunakan sistem informasi daripada mengikuti organisasi grafik 

- Organisasi Jaringan: Sebuah struktur organisasi dimana perusahaan menjadi inti dari sebuah organisasi virtual diperpanjang yang termasuk mitra jangka panjang perusahaan, pengadaan barang dan jasa untuk perusahaan inti 
Kompetensi inti: Kemampuan khusus yang membedakan perusahaan dan yang dihargai oleh pasar 
- Outsourcing: Persetujuan beberapa barang atau jasa yang sebelumnya diproduksi oleh perusahaan kepada penyedia khusus. Dalam layanan informasi, praktek mengontrakkan operasi pusat sebuah perusahaan data, jaringan telekomunikasi, atau aplikasi pengembangan untuk vendor eksternal 
- Organisasi Cluster: Struktur organisasi di mana unit kerja utama adalah tim sementara dan permanen orang yang menyumbangkan pengetahuan dan pengalaman mereka yang berbeda 
Intranet: Sebuah jaringan internal perusahaan yang menyebarkan fasilitas internet, terutama orang-orang dari World Wide Web.

Informasi dan Perannya dalam Bisnis

Informasi adalah kenaikan dalam pengetahuan: memberikan kontribusi kepada kerangka umum konsep dan fakta-fakta yang kita kenal. Informasi bergantung pada konteks dan pengetahuan umum penerima untuk maknanya. Sistem informasi menggunakan data yang disimpan dalam database komputer untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan.

Sistem informasi formal bergantung pada prosedur  untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan mengakses data dalam rangka untuk memperoleh informasi. Sistem formal tidak harus terkomputerisasi. Sistem informasi informal juga didalam suatu organisasi.

Kualitas Informasi Atribut :
  1.  Tepat Waktu tersedia bila diperlukan dan tidak ketinggalan jaman ketika tersedia
  2.  Lengkap, mencakup semua kebutuhan pengguna untuk mengetahui tentang situasi di mana informasi tersebut akan digunakan
  3.  Concise, tidak termasuk elemen yang tidak dibutuhkan oleh pengguna
  4.  relevan, memiliki kaitan langsung pada situasi
  5. Precise, menawarkan informasi kuantitatif dengan tingkat ketepatan yang sesuai dengan data yang mendasari
  6. Bentuk tingkat detail, tabular dibandingkan tampilan grafik, dan kuantitatif terhadap bentuk kualitatif dipilih sesuai dengan situasi Internal dan Eksternal Informasi.


 Sistem

Sebuah sistem informasi adalah jenis tertentu dari sistem secara umum. Suatu sistem adalah seperangkat komponen (subsistem) yang beroperasi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari sistem yang diwujudkan dalam output-nya. Secara khusus, tujuannya adalah untuk memberikan output sesuai dengan anggota organisasi.

Hardware

- Beberapa sistem komputer: mikrokomputer, minicomputer, mainframe, bersama dengan peripheral mereka
- Komponen sistem komputer adalah: prosesor sentral (s), hirarki memori, input dan output.
- Perampingan Dalam sistem informasi, mentransfer beberapa atau semua organisasi; s komputasi dari pengolahan terpusat pada mainframe atau minicomputer sistem yang dibangun di sekitar mikrokomputer jaringan (sering dalam konfigurasi client / server)


Software

- Software Systems: Mengelola sumber daya sistem komputer dan menyederhanakan pemrograman. - - Sebuah sistem operasi adalah perangkat lunak sistem utama. Ini mengelola semua sumber daya dari sistem komputer dan menyediakan antarmuka di mana pengguna sistem dapat menyebarkan sumber daya tersebut.
- Aplikasi Software: Apakah program yang langsung membantu pengguna akhir dalam melakukan pekerjaan mereka. Mereka dibeli sebagai paket siap digunakan. Software aplikasi

Database

- Database adalah koleksi terorganisir dari data yang saling terkait yang digunakan oleh perangkat lunak aplikasi.
- Database dikelola oleh sistem perangkat lunak yang dikenal sebagai sistem manajemen database (DBMS) dan dibagi oleh beberapa aplikasi.

Sumber Daya Manusia 

- Profesional sistem informasi kepegawaian meliputi pengembangan dan pemeliharaan manajer, analis sistem, programmer, dan operator, sering dengan keterampilan yang sangat khusus. 
- Pengguna akhir adalah orang-orang yang menggunakan sistem informasi atau output informasi mereka, yaitu mayoritas orang dalam organisasi saat ini. 
- Ciri dari tahap sekarang dalam komputasi organisasi adalah keterlibatan pengguna akhir dalam pengembangan sistem informasi. 

Prosedur 

- Prosedur adalah kebijakan dan metode yang harus diikuti dalam menggunakan, operasi, dan memelihara sistem informasi. 
- Spesifikasi untuk penggunaan, operasi, dan pemeliharaan sistem informasi, dikumpulkan dalam fasilitas bantuan, buku petunjuk, manual operator, dan dokumen-dokumen serupa, sering disampaikan dalam bentuk elektronik 

Telekomunikasi 

- Telekomunikasi merupakan sarana transmisi informasi elektronik jarak. 
- Sistem komputer biasanya saling berhubungan dalam jaringan telekomunikasi. Berbagai konfigurasi jaringan yang mungkin, tergantung pada kebutuhan organisasi (LAN, MAN, WAN).

Manajer Pendukung Sistem Informasi :

  • Strategis: dilakukan oleh eksekutif perusahaan atas dan papan perusahaan bertanggung jawab untuk menetapkan dan memantau arah jangka panjang bagi perusahaan selama tiga tahun atau lebih ke depan 
  • Taktis: dilakukan oleh manajer menengah yang bertanggung jawab untuk akuisisi dan alokasi sumber daya untuk proyek-proyek sesuai dengan rencana taktis, ditetapkan untuk satu atau dua tahun 
  • Operasional: dilakukan oleh pengawas dari unit yang lebih kecil pekerjaan yang berhubungan dengan perencanaan dan pengendalian jangka pendek (biasanya, minggu atau enam bulan) anggaran dan jadwal.
Fungsi Dasar Manajemen 

  • Perencanaan tujuan membangun dan memilih tindakan yang diperlukan untuk mencapai mereka selama periode waktu tertentu. 
  • Mengontrol mengukur kinerja terhadap tujuan yang direncanakan dan melakukan tindakan korektif, jika diperlukan. 
  • Kepemimpinan termasuk orang-orang dalam organisasi untuk berkontribusi tujuannya. 
  • Pengorganisasian membangun dan kepegawaian struktur organisasi untuk melakukan kegiatan usaha.

You Might Also Like

0 komentar